Wednesday, May 8, 2013

Orang Tua Sebagai Pendidik utama Dalam Keluarga, Surat At-Tahrim(66) ayat 6

Orang Tua sebagai Pendidik Utama Dalam Keluarga, Surat At-Tahrim (66) ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan". 

*Makna
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kamu, antara lain dengan meneladani Nabi dan peliharalah juga keluargamu yakni istri, anak-anak, dan seluruh yang berada dibawah tanggung jawab kamu dengan mendidik dan membimbing mereka agar kamu semua terhindar dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia-manusia kafir dan juga batu-batu antara lain yang dijadikan berhala-berhala. Malaikat-malaikat yang kasar-kasar hati dan perlakuannya dalam melaksanakan tugas penyiksaan. 

* Isi kandungan  surat At-Tahrim ayat 6
Ayat enam di atas menggambarkan bahwa dakwah dan pendididkan harus bermula di rumah. Dalam hal ini berarti orang tua bertanggung jawab terhadap anak-anak dan juga pasangan masing-masing sebagaimana masing-masing bertanggung jawab atas kelakuannya. Beberapa pelajaran yang dapat diambil dari surat At-Tahrim ayat 6 yakni perintah taqwa kepada Allah SWT dan berdakwah, anjuran menyelamatkan diri dan keluarga dari api neraka, dan pentingnya pendidikan islam sejak dini. Mendidik secara islami dapat dilakukan dengan cara mengajarkan, menunjukkan, mengarahkan, dan membimbing. Cara membina keluarga adalah dimulai dari diri sendiri supaya tidak masuk neraka, setelah itu memelihara seluruh isi rumah tangga termasuk istri dan anak-anak. 


No comments:

Post a Comment

Post a Comment