Monday, June 3, 2013

Kurikulum Pendidikan Islam, Surah Al-Luqman(31) Ayat 12-19

 
 
Surah Al-Luqman (31) Ayat 12-19



Artinya : "Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu "Bersyukurlah kepada Allah ! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri ; dan barang siapa tidak bersyukur ((kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji".
 Ayat 12 memguraikan tentang salah seorang yang bernama Luqman yang dianugerahi oleh Allah SWT hikmah. Para ulama mengajukan aneka keterangan tentang makna hikmah antar lain bahwa hikmah berarti " mengetahui yang paling utama dari segala sesuatu, baik pengetahuan maupun perbuatan. Ia adalah ilmu amaliah dan amal ilmiah". Kata syukur terambil dari kata syakara yang maknanya pujian atas kebaikan. Syukur manusia kepada Allah dimulai dengan menyadari dari lubuk hatinya yang terdalam betapa besar nikmat dan anugerah-Nya, disertai dengan ketundukan dan kekaguman yang melahirkan rasa cinta kepada-Nya.
31:13

Artinya : " Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku ! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar"

31:14

Artinya : "Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu".   
31:15

Artinya :"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".   
31:16

Artinya :"(Lukman berkata), "Wahai anakku! Sungguh, jika jika ada (sesuatu perbutan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Mahahalus, Mahateliti". 
31:17

Artinya :"Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting".  
31:18
 Artinya : "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan dibumi dengan akuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri".
31:19
Artinya : "Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu, Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai".

Tafsir surah Al-Luqman ayat 12-19 merupakan inti dari kurikulum pendidikan islam. Kurikulum pendidikan islam merupakan satu komponen pendidikan agama berupa alat untuk mencapai tujuan. Syarat kurikulum pendidikan islam adalah : 
1. Akidah 

2. Syariah 
3. Muamal
  




4 comments:

  1. Mkasi Infonya, sangat Manfaat..

    ReplyDelete
  2. makasih,,, ini sangat bermanfaat.. :D

    ReplyDelete
  3. Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

    Plus, getting it running is as simple as 1..2..3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add PUSH button traffic (it ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    So, do you want to start making money??

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    ReplyDelete
  4. Hotel Las Vegas, NV - MapYRO
    Hotel Las Vegas, Nevada, 양산 출장마사지 United States - Find reviews 경산 출장안마 and 문경 출장마사지 discounts for AAA/AARP members, seniors, 문경 출장마사지 long 여주 출장샵 stays & government organizations.

    ReplyDelete