Monday, June 3, 2013

Pendidikan Life Skills, Kandungan Tafsir Surah An-Nisa(4) Ayat 9

Kandungan Tafsir Surah An-Nisa Ayat 9


 

Artinya : "Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka  meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar". 


Kandungan tafsir surat An-Nisa ayat 9 ini memiliki esensi mengenai  pendidikan life skill. Ayat ini menerangkan bahwa setiap kelemahan dan kekurangan berupa kelemahan ekonomi, kurang stabilnya kesehatan fisik serta kelemahan intelegensi anak adalah tanggung jawab kedua orang tuanya maka ayat ini menegaskan bahwa setiap generasi itu harus memiliki kecakapan life skill agar tidak menjadi kaum yang tertinggal. 
Pengertian dari life skill itu sendiri adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang untuk berani menghadapi masalah kehidupan secara wajar, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Unsur-unsur pendidikan life skills yaitu : 
  • Terampil mengenal diri (Soft skills)
  • Terampil berpikir rasional  (Soft skills)
  • Terampil bermasyarakat  (Soft skills)
  • Terampil bekerja (Vocational / Hard skills)
 SOFT SKILLS
INTRAPERSONAL
INTERPERSONAL
Awareness
Communication
Goal Setting
Motivation Skill
Belief
Team Building
Love
Mediation
Positive Energy

Consentration

Decision Making

  

Hubungan Pendidikan Life Skills dan Surah An-Nisa(4) Ayat 9  

Generasi muda adalah istilah yang mengacu kepada masa kehidupan seseorang yang berada diantara usia remaja dan dewasa. Gejala fisik dan psikis yang dialami para generasi muda sangat signifikan.. Diantaranya secara psikis generasi muda sangat bersemangat dan menggebu-gebu serta penuh dengan idealisme. Ajaran islam menaruh perhatian terhadap pembinaan generasi muda. Sehingga sejak dini pengenalan dan pembiasaan tentang nilai-nilai kehidupan sudah harus dimulai sejak dini. Pendidikan berkelanjutan dan pengembangan karakter menjadi tugas bagi keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Generasi muda harus dibekali dengan soft skills yang lebih kuat. Karena yang lebih penting adalah soft skills jika dibandingkan dengan hard skills. Hard skills dapat dibentuk dengan pelatihan namun soft skills merupakan penanaman nilai-nilai moral sejak dini yang akan menjadi sebuah sikap dalam berperilaku.

No comments:

Post a Comment